July 17, 2012

Wedding MC part.1

I'm ready to go! :D

Juni 2011 lalu (udah lama sii :P), saya ngemsi di pernikahan teman saya di salah satu hotel di Surabaya. Hotelnya tidak besar, Event-nya juga  tidak besar.. but it was quite festal, really fun and gave a great experience.

Berhubung saat itu saya independent, gak pakai nyalon, gak ikut make up di rias pengantin teman saya itu, dsb; semua saya persiapkan dan lakukan sendiri. Benar-benar sendiri, padahal biasanya kalo urusan make up, saya serahkan ke temen saya yang jago ngrias atau nyalon. Tapi, biar terbiasa juga menghadapi keadaan seperti ini jika dibutuhkan, akhirnya semua saya kerjakan sendiri. Ada beberapa hal nih yang harus kita siapkan sebelum maju ke medan perang alias ngEmsi:


Outfit and all..
- Outfit: baju, higheels / sepatu, jilbab (jika berjilbab), accessories, etc. Siapkan outfit yang akan dipakai beberapa hari sebelum hari H. Jika memang terpaksa membeli baju baru atau sepatu baru, pastikan anda sudah membelinya jauh jauh hari. Hal ini untuk menghadapi kemungkinan jika baju yang anda beli ternyata terlalu besar sehingga membutuhkan extra perbaikan disana sini. Selain juga anda harus 'merasa nyaman' memakai pakaian itu. Jangan sampai, waktu on stage anda terlihat kikuk karena tidak nyaman dengan outfit yang anda pakai. BIG NO! 
of course this is not the right outfit. I'm just giving an example !
- Make up: If you intend to make up on your own, make sure you have all equipments and make up kits. Kalau bisa, anda punya sendiri semua peralatannya, mulai dari make-up hingga applicator-nya. This will ease your mind to do all preparation well.

- Script plus text holder dsb. Siapkan script yang akan anda bawakan di acara nanti beberapa hari sebelum hari H, and remember to practice. As people said: Practice makes perfect! :) 

Nah, untuk ukuran text yang nanti akan anda masukkan ke text holder, ukur dan potong sesuai ukuran yang anda inginkan. Jangan terlalu besar;  ukuran A4 misalnya - karena bisa-bisa orang mengira anda lagi bawa proposal. Jangan terlalu kecil juga, bisa-bisa orang mengira anda lagi bawa catatan utang hihihi. A quarter of an A4 page will be great.

- And self-preparation: This is including your health, conversation you will perform and any others. Remember to practice 'speaking' everyday before the day the party is held. Usahakan script yang anda buat, sudah jadi beberapa hari sebelum hari H, jadi anda bisa berlatih sebanyak mungking. Ingat, ini bukan presentasi di kampus dengan teman-teman sekeleas dan dosen sebagai audience, bukan taping acara TV dimana jika anda melakukan kesalahan bisa diulang lagi sampai bagus. Ini acara live yang mungkin akan di datangi ratusan orang. Jadi kalau salah gak bisa diulang. Thus, you need to have a lot of pratice before do the real performance on stage. Jangan lupa juga jaga suara. Walaupun bukan acara live singing contest, tapi suara tetap jadi prioritas utama disini. Gak lucu dong, kalau karena kecapekan, terlalu banyak teriak atau terlalu banyak minum es, suara anda jadi serak dan lebih parahnya gak keluar sama sekali pas hari H. Udah cantik di panggung, dilihat ratusan pasang mata.. eh, suara malah gak keluar karena salah treatment beberapa hari sebelumnya.

Walaupun kalau lagi nyanyi di panggung kadang masih suka grogi, tapi yakinlah Ngemsi lebih relaxing and tranquilizing daripada nyanyi. Atmosfernya jauh lebih me-rilekskan dan menyenangkan daripada nyanyi satu lagu yang durasinya 3 menit di panggung. Anda gak akan grogi atau nervous sama sekali. Ini sudah saya alami selama saya Ngemsi dan nyanyi. Krasa bedanya. Rasanya... biasa aja, kaya' ngomong sama temen aja. Kaya' siaran aja! gak ada nervous-nervousnya sama sekali.


Luv the hijab style I made :*
Nah, ini nih yang mau saya pamerin sebenernya, hijab style yang saya pakai waktu itu. Biasanya mempercayakan orang untuk 'hijab-do' saya, namun waktu itu saya ingin melakukan sendiri. Dan hasilnya, lumayan untuk newbie :) banyak yg bilang bagus sih, dan bahkan gak percaya kalau saya melakukan semuanya sendiri, mulai dari make-up hingga hijab-do. Ehehe, intip deh, kreasi jilbab yang satu ini.


Common style indeed
Style ini sih sudah banyak digunakan orang sebenernya. Tapi tetep aja, once we sucessfully did something on our own, with our own hands, it feels like.. awh, awesome! We did it! Yeaayy!

Nah, selain ngemsi, saya biasanya didaulat buat nyanyi juga.. 

Owkai, I looked like a hobit beside her :|
Ada yang lagi butuh MC wedding atau wedding singer? contact me! hehehe :P